Blogroll

Sabtu, 08 Desember 2012

Pengertian Filsafat



Secara etimologi (bahasa) Filsafat itu berasal dari dua kata yaitu philo (cinta) dan shopia (kebijaksanaan/pengetahuan). Berarti orang yang berfilsafat adalah orang yang cinta akan pengetahuan. Filsafat sendiri muncul karena beberapa hal diantaranya yaitu:
·         Berfikir
Misalnya saja: Kita memikirkan bagaimana kita sampai kedunia? Lalu kita menjawab bahwa kita ada karena orang tua kita, karena Ibu telah melahirkan kita ke dunia. Kita mempunyai pertanyaan lagi, bagaimana itu bisa terjadi? Lalu kita menjawab. Kita ada karena pertemuan antara sel sperma dan ovum sehingga karena proses yang sedemikian rupa jadilah kita. Kemudian timbul pertanyaan lagi dari mana asal ovum? Dari mana asal sperma? Setelah menemukan jawaban timbul pertanyaan lagi. Begitu seterusnya.
·         Rasa kagum
·         Adanya masalah
·         Macam-macam pengetahuan
Adapun cara berfikir filsafat ada 3 yaitu:
·         Radikal (berfikir mendalam)
@Sesuatu itu dipikir secara mendalam. Dipikir dan dipikir untuk menemukan jawabannya.
·         Spekulatif (menggunakan nalar)
Pemikirannya menggunakan nalar atau akal yang bersifat logis. Tidak secara sains ataupun mitos.
·         Universal (umum atau menyeluruh)

Karena itulah filsafat disebut sebagai mother of scientiarom (induk dari semua ilmu pengetahuan). Karena dari pertanyaan itu kemudian kita pikirkan untuk menemukan jawabannya (proses berfilsafat) lalu diolah menjadi ilmu dengan cara yang ilmiah.
Ilmu filsafat itu bertujuan untuk mencari hakekat tentang manusia. Sumbernya dari akal dan pengalaman karena filsafat sendiri bersifat logis.

0 komentar:

Posting Komentar